Pengertian Pembelajaran Secara Umum

Pengertian pembelajaran secara umum
Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Apa tujuan pembelajaran secara umum?
Menurut H. Daryanto (2005: 58) tujuan pembelajaran adalah tujuan yang menggambarkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan sikap yang harus dimiliki siswa sebagai akibat dari hasil pembelajaran yang dinyatakan dalam bentuk tingkah laku yang dapat diamati dan diukur.
Apa yang Anda ketahui tentang belajar dan pembelajaran?
Belajar merupakan proses memperoleh ilmu. Belajar merupakan kegiatan yang menghasilkan adanya perubahan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak mampu menjadi mampu. Sedangkan pembelajaran mengacu pada dua konsep, yakni belajar dan mengajar.
Apa perbedaan antara pengajaran dan pembelajaran?
Pembelajaran adalah usaha sadar guru untuk membantu siswa atau anak didik, agar mereka dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Sementara pengajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Pengajaran juga diartikan sebagai interaksi belajar dan mengajar.
Apa itu tujuan pembelajaran menurut para ahli?
Tujuan pembelajaran adalah tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Oemar Hamalik (2005) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran adalah suatu deskripsi mengenai tingkah laku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsung pembelajaran.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan pembelajaran sebagai suatu proses?
Jawaban: Proses pembelajaran adalah proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru-siswa dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar (Rustaman, 2001:461). Dalam proses pembelajaran, guru dan siswa merupakan dua komponen yang tidak bisa dipisahkan.
Apa manfaat dari pembelajaran?
Manfaat Tujuan Pembelajaran Memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa, sehingga siswa dapat melakukan perbuatan belajarnya secara lebih mandiri; 2. Memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar; 3.
Apa saja ciri ciri dari pembelajaran?
Ciri-ciri pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut: 1) Merupakan upaya sadar dan disengaja. 2) Pembelajaran harus membuat siswa belajar. 3) Tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan. 4) Pelaksanaan terkendali, baik isinya, waktu, proses maupun hasil.
Unsur apa saja yang ada dalam pengertian belajar?
pembelajaran dapat berjalan dengan baik apabilah terpenuhi unsur-unsur pembelajaran yang terdiri dari peserta didik, tenaga pendidik, motivasi/stimulus, bahan belajar, alat bantu belajar, serta suasana dan kondisi belajar yang dapat mendukung kelancaran pembelajaran.
Pendekatan pembelajaran ada berapa?
Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
Apa saja prinsip prinsip dalam pembelajaran?
5 “Prinsip Pembelajaran” pada Kurikulum yang Terdiversifikasi
- Mempertimbangkan tahapan dan capaian peserta didik.
- Membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.
- Mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik.
- Menerapkan pembelajaran yang relevan.
- Berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.
Mengapa belajar itu penting bagi kita?
Secara global tujuan dari belajar adalah terjadi perubahan pada diri seseorang menjadi lebih baik. Maka dari pernyataan tersebut akan dijelaskan secara rinci beberapa tujuan belajar berikut: 1) Belajar bertujuan mengadakan perubahan di dalam diri antara lain tingkah laku.
Apa manfaat belajar bagi siswa?
Manfaat dari belajar adalah tentunya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita tentang segala hal. Belajar adalah bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Hanya dengan belajar, manusia dapat berkembang menjadi sosok ideal yang seutuhnya bukan hanya secara fisik namun juga mental dan spiritual.
Bagaimana pembelajaran yang baik dan benar?
Jika belum, mari simak 7 cara belajar yang efektif dan efisien berikut:
- Buat Suasana Belajar yang Nyaman.
- Merangkum Pokok Pembelajaran. ...
- Belajar Bersama. ...
- Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu. ...
- Belajar dengan Praktik. ...
- Belajar rutin tapi jangan lama.
- Mengerti Bukan Menghafal.
Proses pembelajaran apa saja?
Pembelajaran sebagai suatu proses kegiatan, dari berbagai sumber secara umum dapat dikatakan terdiri atas tiga fase atau tahapan. Fase-fase/ tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran yang dimaksud meliputi: tahap perencanaan, tahap pelaksanan, dan tahap evaluasi.
Bagaimana hubungan antara belajar dan pembelajaran?
Belajar akan berhasil jika pebelajar (siswa) secara aktif melakukan sendiri proses belajar melalui berinteraksi dengan berbagai sumber belajar. Sedangkan pembelajaran itu sendiri merupakan suatu sistim yang membantu individu belajar dan berinteraksi dengan sumber belajar dan lingkungan.
Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi proses belajar dan pembelajaran?
Menurut Djaali (2008:1010), ada banyak faktor yang mempengaruhi belajar antara lain: 1. Motivasi 2. Sikap 3. Minat 4. Kebiasaan belajar 5. Konsep diri.
Bagaimana teori belajar?
Teori belajar adalah suatu teori yang di dalamnya terdapat tata cara pengaplikasian kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, perancangan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas.
Apa tujuan dari pendekatan pembelajaran?
Pendekatan pembelajaran memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut. Merupakan pedoman dalam penyusunan metode pengajaran yang akan digunakan. Sebagai garis rujukan pelaksanaan proses belajar mengajar. Sebagai tolak ukur penilaian proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan.
Apa saja contoh pendekatan pembelajaran?
Macam-macam Pendekatan dalam Kegiatan Pembelajaran
- Pendekatan Kontekstual.
- Pendekatan Konstruktivisme. ...
- Pendekatan Pemecahan Masalah. ...
- Pendekatan Induktif. ...
- Pendekatan Deduktif. ...
- 6. Pendekatan Open-Ended. ...
- 7. Pendekatan Saintifik. ...
- Pendekatan Proses.
Post a Comment for "Pengertian Pembelajaran Secara Umum"